Sunday, April 8, 2018

Mengenal Fungsi Menu-menu Yang Ada Di Dashboard Blogger

Sebelum memulai membangun sebuah blog alangkah baiknya jika Anda mengenal lebih dekat apa fungsi-fungsi menu yang ada di dashboard blogger. Tapi sebelum itu apa sih blogger itu?
Menu blogger

Blogger adalah sebuah website yang menyediakan layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Sebenarnya masih banyak web yang menyediakan layanan publikasi blog, salah satunya
Wordpress. Karena di sini saya akan menjelaskan sedikit mengenai blogger, jadi untuk sementara Wordpress dikesampingkan dulu. Ok, biar gak terlalu panjang lebar kita langsung saja menuju topik pembahasan. Apa sih fungsi menu menu yang ada di blogger itu? Silahkan simak baik-baik.

Fungsi menu-menu di Blogger

1. Postingan

Menu ini berfungsi untuk membuat, melihat, mengedit, dan menghapus artikel/postingan yang ada di blog. Pada menu ini terdapat 3 sub menu, antara lain:
Semua: untuk menampilkan seluruh artikel baik yang belum dipublikasikan maupun yang sudah dipublikasikan.
Draf: untuk menampilkan artikel yang disimpan (belum dipublikasikan).
Diterbitkan: untuk menampilkan artikel yang sudah dipublikasikan.

2. Statistik

Fungsinya untuk menampilkan data-data blog tiap hari, tiap minggu, tiap bulannya. Jadi dengan menu ini kita bisa memantau perkembangan blog kita. Pada menu ini terdapat 4 sub menu, antara lain:

  • Ikhtisar: menampilkan jumlah penayangan blog pada hari ini, kemarin, bulan lalu ataupun jumlah keseluruhan penayangan dari awal kita membuat blog sampai sekarang.
  • Postingan: menampilkan jumlah penayangan tiap artikel yang sudah diposting.
  • Sumber lalu lintas: menampilkan penayangan URL perujuk, Situs perujuk, dan kata kunci yang digunakan pengunjung untuk mengunjungi blog kita.
  • Pemirsa: menampilkan data negara yang paling banyak mengunjungi blog dan data browser serta sistem operasi apa yang digunakan pengunjung untuk menginjungi blog.


3. Komentar

Menu ini berfungsi untuk mengelola seluruh komentar yang masuk di blog. Di sini anda bisa menerbitkan komentar yang masuk dan juga menghapus komentar yang dianggap spam.

4. Kampanye

Fungsinya untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog dengan bantuan Google Adworb yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

5. Halaman

Untuk membuat, mengedit, dan menghapus halaman statis pada blog. Misalnya About me, Contact me, Privacy police, dll.

6. Tata Letak

Menu ini berfungsi untuk mengatur tata letak blog agar terlihat lebih rapi.

7. Tema

Menu ini berfungsi untuk mengatur desain tampilan blog agar terlihat menarik. Di sini kamu bisa memilih banyak desain tema yang sudah disediakan oleh blogger. Tapi jika kalian paham pengkodingan kalian juga bisa mendesain sendiri tampilan blog yang diinginkan dengan fitur Edit HTML.

8. Setelan

Menu ini gunanya untuk mengatur blog. Judul blog, deskripsi blog, bahasa dan waktu pada blog bisa diatur melalui menu ini. Di sini kalian juga bisa menghapus blog anda. Dalam menu ini terdapat 7 sub menu, antara lain:

  • Dasar: unruk mengatur judul, deskripsi, alamat, penulis, dan pembaca blog.
  • Postingan,komentar dan berbagi: untuk mengatur jumlah postingan yang tampil di halaman utama. Dan juga untuk mengatur komentar.
  • Email: jika kalian ingin memposting sebuah artikel lewat email kalian bisa mengaturnya di sini.
  • Bahasa dan pemformatan: untuk mengatur bahasa dan format waktu yang dipakai blog.
  • Preferensi penelusuran: untuk mengatur tag meta, kesalahan, pengalihan, perayapan, dan pengindeksan pada blog.
  • Lainnya: untuk mengimpor dan membackup konten-konten blog. Dan juga untuk menghapus blog.
  • Setelan pengguna: mengatur profil pengguna, bahasa dan notifikasi email.


9. Daftar bacaan

Untuk mengatur daftar bacaan dan menentukan blog uang anda ikuti. Pada menu ini akan menampilkan postingan terbaru dari blog yang anda ikuti.

10. Bantuan

Di sini bisa menjadi alternatif panduan untuk belajar lebih dalam mengenai blog.

Nah, itulah fungsi menu menu yang ada di dashboard blogger. Jika sudah mengerti kan enak untuk memulai ngeblognya. Silahkan mencoba... Semoga artikel kali ini bermanfaat ya. Apabila ada kesalahan perkataan ataupun penulisan dari saya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih.

Baca juga: Cara membuat Read more tanpa edit HTML

Silahkan berkomentar yang bijak dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon